suramadu

suramadu

Senin, 11 Juli 2011

tempat wisata yang ada di bangkalan

  1.  Jembatan Nasional Suramadu
Dalam perjalanan anda pertama kali kita jumpai yaitu jembatan suramadu yang sangat megah, yang sudah di kenal oleh seluruh pelosok negeri hingga manca negara
Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan terpanjang di Asia Tenggara ialah Bang Na Expressway di Thailand (54 km). Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).
Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009[2]. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.
Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge.
dengan adanya jembatan ini dapat memberikan kemajuan perekonomian bagi warga pulau madura, dan bagi perjalanan anda,anda dapat mengabadikan kenangan anda di sepanjang jembatan suramadu
2. Pantai Rongkang
 Terletak di desa Kwanyar posisi selatan kota bangkalan kira-kira 35 km. Kalau anda melewati jembatan Suramadu setelah berada akses sisi madura yaitu sebelum mencapai akses akhir ada traficc light Labang - Kwanyar. Di posisi ini anda belok kekanan ke arah Kwanyar. Potensi wisata pantai Rongkang adalah pantainya seperti Pantai Maneron di luar negeri, kondisinya masih alami , ada bukit batu sepanjang 1 km,kalau sore hari menjelang malam kelihatan lampu penerangan kota Surabaya dan ada habitat pohon jambu biji.

3. Taman rekreasi Kota
Taman ibu kota di bangkalan ini, Tempatnya sangat sejuk, hingga membuat  orang betah untuk tinggal di sana. di sana kita dapat menjumpai berbagai wahana permainan anak dari ayunan hingga sepeda air untuk bernuansa mengarungi pulau madura, di sana juga terdapat kolam pancing bagi yang memiliki hobi memancing ikan, dan di taman ini juga terdapat kolam renang yang luas dan bersih untuk kita berenang. Posisi taman kota ini, berada di pusat kota Bangkalan. Tepatnya dibelakang stadion Bangkalan.  

 4. Makam Pasarean Syaichona Kholil
Makam  Pasarean Syaichona Kholil ini perlu kita ketahui bahwa masyrakat madura di pulau madura ini beragama islam dan di mana tempat ini oleh warga madura di sucikan karena beliau merupakan sesosok wali bagi warga di madura maupun umat islam, di sana merupakan tempat pemakamanya beserta para santrinya.terdapat banyak peziarah dari luar kota yang selalu berdatangan untuk berziarah di makam Pasarean Syaichona Kholil ini


5. Pantai Sembilangan
Mercusuar yang terletak di desa Ujung Piring Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan ini merupakan mercusuar yang sudah tidak difungsikan lagi, karena pelabuhan yang dulunya berada di desa ini sudah ditutup. Sekarang mercusuar ini dijadikan objek wisata. Pemandangan serta pantai di sekitar mercusuar Bangkalan sangat indah, tidak heran mercusuar ini sangat terkenal di Kabupaten Bangkalan Madura.

Menara ini terdapat di Kecamatan Socah dan berjarak 6 km dari pusat ibu kota Bangkalan. Di lokasi ini akan terlihat menara dengan ketingian sekitar 78 m dan merupakan peninggalan jaman Belanda yang diresmikan oleh Z.W. Williem III pada tahun 1879. Dari menara mercusuar ini dahulu kapal-kapal yang akan masuk ke Tanjung Perak Surabaya akan dipandu lewat menara tersebut.
Mercusuar ini dari 17 lantai bangunan dengan tinggi 65 meter dan jarak jangkau lampu sekitar 20 mil. Sedangkan luas lahan keseluruhan mersucuar sembilangan sekitar 1hektar. Demi keamanan, bangunan ini dijaga oleh 3 navigator. Mereka tinggal di sebuah bangunan yang dibangun di area mercusuar.
6. Aer Mata Ibu di Arosbaya
Tempat wisata ini, berada di utara Kabupaten Bangkalan di kecamatan Arosbaya. Konon, Makam ini adalah makam raja-raja Madura sebelum Negara ini menjadi negara kesatuan.
Tidak layaknya sebuat tempat wisata, tempat ini lebih mempunyai sejarah dan histori tersendiri bagi keberadaan Kabupaten Bangkalan khusunya dan kabupaten-kabupaten di Madura umumnya. Sebab, makam ini merupakan bukti sejarah yang nyata tentang keberadaan kerajaan Madura
7. Gunung Geger 
Gunung Geger berada kurang lebih 30 Km arah tenggara Kota Bangkalan, tepatnya di desa Geger, Kecamatan Geger.
Dari Kota Bangkalan lurus terus ke arah utara yaitu ke arah kecamatan Arosbaya, lalu ke timur kearah kecamatan geger.
Disitulah bukit itu berada. Bukit tersebut mudah dijangkau karena letaknya tepat dipinggir jalan raya.
Bukit ini berada di ketinggian sekitar 150-200 meter diatas permukaan laut. Obyek wisata ini bagus untuk wisata alam/ wisata hutan. dengan pohon-pohon yang besar. di sana anda dapat melihat dataran rendah kota bangkalan. dan terkadang di sana juga terdapat beberapa monyet yang hidup bebas.
7. Pantai Siring Kemuning
Keelokan dan keasrian pantai ini sudah teruji. Pasir pantai yang cantik dan deretan rumah serta perahu nelayan yang sejatinya masyarakat di sana adalah nelayan dan batik tulis yang tentunya san, membuat pantai ini lebih unik lagi.  Posisinya yang strategis, membuat pantai ini mudah untuk di kunjungi, baik dengan mobil atau motor. Lebih tepatnya, pantai Siring Kemuning ini, adalah salah satu wisata pantai yang ada di kabupaten Bangkalan. Disamping wisata Pantai Rongkang yang ada di Kecamatan Kwanyar. 


 



















2 komentar: